Sunday, November 4, 2012

Ngilang dari Kantor..Part I

Sambil nyambi nunggu ngupgrade neng SOLA (xperia MT27i) yang makan waktu bisa 3 jam lebih, dan memanfaatkan wifi gratisan dari sebuah minimarket+cafe depan kost, ada baiknya cerita pengalaman kemaren..

Once upon a time... ada seorang pegawai pemerintahan yang membolos kerja pada suatu hari... Secara jadwal kerja, semestinya dia masuk pukul 07:30 atau kalo ambil jam kerja flexible, dia masuk jam 08:00 WIB. Tapi tenang.. bolosnya dia bukan karena males, atau PNS yang berlabel oknum.. ada alasan yang memang bisa ditolerir.. (dalam pemahamanku sih bisa ditolerir)

Jadi Pegawai itu bolos karena sudah tak tahan sama nyeri dada kirinya.. sampe pernah terbangun dari tidur karena nyeri itu. Awalnya pegawai itu pengennya hari rabu pengen ke puskesmas dulu ngurus rujukan ASKES mumpung ada. Tapi setelah dapet saran dari teman kantor bahwa puskesmas itu ada jam daftarnya gak bisa siang-siang, jadinya diputuskan kamis aja 'ngabur'nya...

Di suatu kamis pagi yang gak dingin...


Sang pegawai ini bersiap ke puskesmas setelah sebelumnya ijin ke kantor. Dia belum pernah sama sekali berurusan SENDIRIAN untuk urusan PUSKESMAS, RUJUKAN, ASKES, dan RUMAH SAKIT. Selama ini agak gimana gitu berurusan sama sakit dan dokter.. Jadi ini pengalaman pribadi sendirian berurusan yang kayak gini, FIRST single step. Harus belajar jangan tergantung terus. Dan bodohnya pegawai ini, dia lupa dulu waktu buat di askes itu, dia  daftar ke Puskesmas yang mana. Alhamdulillah (yaa sesuatu..) ada teman yang kerja di askes dan bisa bantu nyariin data.. Alamat dah dipegang. Berangkatlah ke Puskesmas yang dituju menggunakan metromini.

Setelah sampai di puskesmas yang dituju, diberitau oleh Petugas puskesmasnya bahwa untuk kelurahan Galur (kelurahan kos) bukan disitu tapi agak sonoan lagi, disuruh jalan aja gak jauh-jauh amat. Si Pegawai jalan menuju arah yang ditunjuk yang ternyata puskesmasnya itu adalah rumah yang disulap jadi puskesmas. Unik. (baru pertama kali liat puskesmas kek gitu). Setelah sampai,, bingunglah pegawai ini apa yang harus dilakukan. Akhirnya tanya ke loket, dan bilang mau minta surat rujukan ke RS. Karena belum pernah berurusan di Puskesmas ini jadi harus ber-administrasi, dan NO FEE, tak ada biaya sedikitpun. Dan ketika ditanya alamat kost, si pegawai (yang Memori-nya kebanyakan disimpen di STM, Short Term Memory) melupakan tuh alamat kost, wa bilkhusus RT dan RW-nya. Dan pokoknya entah mas petugasnya terlalu baik, jadi administrasi segera diselesaikan dan diberi kartu puskesmas yang wajib dibawa kalo mau berurusan lagi. si pegawai diberi nomor antrian dan nunggu di teras rumah itu..

Tanpa dipanggil nomor, ternyata pegawai ini langsung disuruh masuk ke ruangan dokter. Di tempat dokter ditanya apa kepentingan dan keluhannya. Disebutkanlah bahwa kepentingannya untuk meminta rujukan (note: rujukan yang diinginkan itu adalah rujukan untuk cek EKG di RSIJ), dan keluhan yang diderita adalah nyeri di dada kiri yang terlalu sering. Bu Dokter cek tensi, cek detak, dan tanya-tanya. Beliau tanya, apakah sakit ketika kerja atau ketika santai? merokok tidak? ada riwayat keluarga? Batuk tidak? (dan lainnya yang lupa apa aja). Dokter bilang, nyeri dada kiri itu gak mesti jantung, kalo jantung biasanya karena merokok, sakitnya ketika bekerja, ada riwayat keluarga. dan kebetulan tidak semuanya diderita si pegawai. Ibu Dokter dan Ibu perawat bilang mungkin hanya masalah otot saja, kurang vitamin B. Tapi pegawai masih gak terima (dalam hati), namun mengiyakan saja. Akhirnya surat rujukan yang awalnya udah ditulis nama dan identitas tak jadi diberikan. Yang diberikan hanya resep berupa vitamin dan pereda nyeri (asam mefanat apa gitu namanya). Terus keluar deh dari ruangan dokter dan meletakkan resep di tempat resep.

Nyesek, udah ngebolos ninggalin kerjaan, gak dapet surat rujukan, itu yang di pikiran si pegawai, padahal kerjaan lagi padet-padetnya. Sambil menunggu dipanggil untuk diserahkan obatnya, Pegawai duduk di teras lagi yang ternyata di depan ruangan dokternya tadi dan dibatasi jendela kaca. Nyeri itu datang lagi, dan serasa sampe nusuk ke punggung. Cuma bisa ngelus nyerinya aja soalnya si pegawai gak bawa minyak kayu putih -andalan kalo nyeri. Gak lama dipanggil buat ambil obatnya. Terus duduk lagi di teras untuk masukin obat itu ke tas, dan sambil sms ibu kost nanyain alamat kost. Dan tiba-tiba...

"Paaaaaak...!" ada petugas puskes dari dalam manggil si pegawai, dan semua yang ngantri pun manggil si pegawai, karena si pegawai sibuk sms dan gak sadar kalo dipanggil. Ternyata si pegawai disuruh masuk ke dalam ruangan dokter lagi. Bertemu lagi sama dokter, disuruh duduk. Ibu Dokter itu berkata, "ya udah daripada kamu bolak-balik kesini.. ini saya kasih surat rujukannya....". "Tapi.. kamu minum dulu tadi vitamin yang dikasih.. kalo masih sakit, baru bawa rujukannya ke RS ya.." kata bu Dokter. Akhirnya diberi surat rujukan ASKES sama bu Dokter, tapi ke Dokter Penyakit Dalam, bukan langsung dr. spes. jantung seperti yang dipikirkan si pegawai. Kata bu dokter, biar kesitu dulu aja, soalnya banyak kemungkinan kalo nyeri dada, bisa jantung, maag, sakit otot, paru, atau semacamnya...

Si Pegawai tersenyum setelah awalnya merasa hampir 'tak berguna' bolos kerja. Setelah mengucap terima kasih pada ibu Dokter dan asistennya, si pegawai pamit keluar.. Dan si Pegawai gak nurut sama kalimat dokter tadi, dia langsung berangkat menuju RS rujukan. Selama perjalanan nyeri itu datang lagi, dan keputusan untuk segera ke RS semakin kuat... to be continued..



Oh iya, untuk urusan puskesmas ini, tidak ada sama sekali urusan biaya, kecuali ikut iuran PMI yang ada karcisnya, satu karcis Rp1.000,-(seribu rupiah). dan terserah mau bayar berapa karcis. Atau..... aku yang gak ngeh ya sebenernya ada bayaran tapi langsung ngabur aja setelah dapat surat rujukan..hahaha entahlah..

No comments:

Post a Comment